Konveksia.com – Indonesia memang berbeda dengan negara lainnya, kita hanya memiliki dua musim saja yaitu musim panas dan musim hujan. Dan tidak seperti negara lainnya, kita pun tidak perlu bingung dengan masalah pakaian yang bisa digunakan, kaos atau t-shirt adalah jenis pakaian yang sangat nyaman untuk digunakan di negeri kita yang tercinta ini. Tidak ribet, gampang digunakan, saat musim panas tidak bikin gerah, saat musim hujan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam jenis pakaian lainnya, itulah kelebihan dari kaos.

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Kaos Di Indonesia

Tapi apakah semua orang sudah tahu bagaimana kaos bisa tercipta hingga berkembang sampai menjadi seperti saat ini? Tidak semua orang pastinya mengetahui hal tersebut, tapi apa salahnya juga agar kita mengetahui darimana kaos berasal sampai berkembang hingga saat ini dan jenis-jenisnya pun sangat banyak. Mari kita bahas lebih dalam lagi tentang pakaian yang hampir sering kita gunakan di setiap hari ini.

Apa Itu Kaos?

Pengertian Dan Sejarah Kaos kaos Anda Perlu Tahu Pengertian dan Sejarah Perkembangan Kaos Di Indonesia Pengertian Dan Sejarah Kaos 600x400

Sebelum kita memulai pembahasan lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari kaos itu sendiri. Menurut Wikipedia, Kaos adalah jenis pakaian yang yang bisa menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut, dan ini berlaku untuk kaos oblong berlengan pendek. Untuk saat ini sendiri banyak beredar kaos dengan lengan panjang. Kaos pun banyak jenisnya, ada kaos oblong yang memiliki lengan pendek dan berleher bundar. Ada juga kaos polo atau kaos wangki yang bentuknya hampir sama dengan kaos oblong namun memiliki kerah di bagian leher.

Kaos pun bisa digunakan oleh siapapun dan dari kalangan apapun. Waniita ataupun pria pastinya bisa menggunakan kaos, dari berbagai usia pun, baik itu balita, remaja, juga orang dewasa bisa menggunakan kaos. Terlebih lagi kaos pun untuk saat ini memiliki tren-nya sendiri.

Sejarah Kaos

Pengertian Dan Sejarah Kaos kaos Anda Perlu Tahu Pengertian dan Sejarah Perkembangan Kaos Di Indonesia Pengertian Dan Sejarah Kaos 1 600x400

Lalu bagaimana awal mula kaos? Pada mulanya, kaos digunakan untuk pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika di abad 10 sampai awal abad 20. Saat itu pun penggunakan kaos bbelum dikenal masyarakat secara luas, bahkan para tentara pun hanya menggunakan kaos saar udara panas dan kegiatan yang tidak menggunakan seragam. Kaos pun mulai dikenal luas oleh pemberitaan media yang mengekspos penggunaan kaos di foto majalah. Di foto tersebut memperlihatkan para tentara seakan menggunakan kaos bukan untuk pakaian dalam, walaupun memang secara garis besar masyarakat menilai kaos adalah pakaian dalam.

Dan di tahun 1947 kaos pun cukup populer saat dikenakan oleh Marlon Brando. Marlon mengenakan kaos ketika pentas teater dengan lakon ‘A Street Named Desire” dan memerankan tokoh bernama Stanley Kowalsky, teater ini sendiri karya dari Tenesse William di Broadway, Amerika Serikat. Saat itu Marlon mengenakan kaos dengan warna abu-abu.

Tidak hanya Marlon Brando saja, James Dean juga ikut ambil bagian untuk mempopulerkan kaos walaupun secara tidak langsung. Di tahun 1955 James Dean membintangi film berjudul ‘Rebel Without A Cause”. Namun kepopuler kaos saat itu tidak luput dari pro dan kontra, karena banyak juga yang beranggapan bahwa pemakaian kaos memiliki sifat pemberontakan.

Saat itu sebagian orang menganggap pemakaian kaos tidak memiliki kesopanan dan tidak beretika. Namun, selepas teater yang dibintangi oleh Marlon Brando, anda muda justru dilanda demam kaos yang menganggap bahwa kaos sebagai lambang kebebasan, dan mereka juga menilai bahwa kaos tidak hanya sebuah mode atau tren tapi juga bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya kontroversi malah membuat kaos semakin populer. Saat itu banyak perusahaan konveksi yang mulai memproduksi kaos dengan mengembangnkannya menjadi berbagai bentuk dan warna. Bahkan Marlon Brando pun turut serta menjadi bintang iklan dari produk kaos, dimana saat itu ia mengenakan kaos oblong dengan dipadukan celana jins serta jaket kulit. Hingga pada tahun 1961 sebuah organisasi yang menamakan diri “Underwear Institute” menyuarakan agar kaos diakui sebagai pakaian yang sopan layaknya baju lainnya. Organisasi tersebut juga mengatakan bahwa kaos merupakan karya busana yang sudah menjadi bagian dari mode.

Kaos Di Indonesia

Lalu bagaimana dengan kaos di Indonesia? Menurut kabar yang beredar, kaos di Indonesia sendiri di bawah oleh orang-orang Belanda. Namun saat itu, kaos tidak berkembang cukup baik karena memiliki nilai gengsi, belum lagi peralatan yang ada di Indonesia belum maju seperti sekarang ini. Dan sekitar awal tahun 70-an kaos pun mulai berkembang, namun bentuknya masih standar, berwarna putih, dan berbahan katun yang halus dan tipis serta hanya bisa digunakan oleh para pria saja.

Tahun 80an kaos mulai populer di Indonesia, muncul brand-brand ternama macam C59 dari Bandung, Dagadu dari Yogyakarta, Joger dari Bali dan yang lainnya. Dimana brand tersebut mulai berani untuk membuat kaos dengan desain menarik dan unik. Dan kaos pun terus berkembang dengan baik, hingga 90an banyak insan kreatif yang menjual kaos dengan desain milik sendiri dan diproduksi sendiri, dan itu kemudian dikenal banyak orang sebagai Distro Clothing. Tentunya pembahasan kaos distro pun ingin diketahui oleh banyak orang, yang mungkin akan kita bahas di lain kesempatan.

Kelebihan Menggunakan Kaos

Nah, sejak populer di tahun 90an, sampai saat ini kaos memang berkembang dengan sangat baik. Namun apa yang mendasari kaos begitu populer di Indonesia. Sebagian kecil memang sudah kita bahas di paragraf pertama, namun ada baiknya juga kita membahas kelebihan kaos lebih dalam lagi agar kita mengetahui kenapa kaos sangat populer dan berkembang sampai saat ini.

Kaos Sangat Nyaman Untuk Digunakan

Kaos yang berbahan cotton combed terbuat dari serrat kapas alam, sehingga memiliki tekstur lembut dan daya serap tinggi. Saat bersentuhan dengan kulit juga tidak akan terasa kasar dan tidak menimbulkan alergi, sehingga kaos pun akan sangat digunakan, baik saat anda berkeringat ataupun tidak. Namun kaos dengan bahan lainnya juga memiliki kelebihannya masing-masing.

Harga Kaos Lebih Variatif

Tidak seperti halnya jaket ataupu kemeja, kaos memang memiliki harga yang lebih variatif. Biasanya harga kaos juga dibedakan dari jenis dan kualitas kaos itu sendiri. Dan tentunya anda pun tidak perlu khawatir lagi akan harga kaos, karena banyak juga kaos dengan harga terjangkau namun dengan desain yang menarik. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa kaos cocok digunakan oleh setiap kalangan manapun.

Cocok Untuk Berbagai Suasana

Untuk kaos desain kaos sangat bermacam-macam, jadi kaos pun bisa digunakan ke berbagai macam kegiatan dan acara. Dengan memakai kaos anda tidak hanya bisa bersantai di rumah atau berolahraga. Kaos untuk saat ini juga bisa digunakan untuk keperluan acara lainnya, bahkan acara resmi sekalipun.

Bisa Dikenakan Oleh Setiap Usia

Kaos tidak hanya bisa dipakai oleh berbagai macam kalangan, tapi juga berbagai macam usia. Untuk saat ini banyak kaos yang dedesain khusus agar bisa digunakan oleh bayi dan balita, untuk remaja pun kaos memiliki desain dan trennya tersendiri. Begitupun juga para orang dewasa, masih bisa tampil modis walaupun hanya mengenakan kaos saja.

Itulah kelebihan yang dimiliki oleh kaos, dan hal tersebutlah yang menjadikan kenapa kaos sangat populer di kalangan masyarakt luas, khususnya di Indonesia ini.

Pembahasan kaos ini juga tentunya belum lengkap, masih banyak bahasan tentang kaos lainnya yang sudah kami siapkan di tulisan selanjutnya.

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Kaos Di Indonesia

Semoga saja dengan tulisan ini wawasan anda jadi lebih jauh lagi, bisa memberikan banyak referensi dan inspirasi bagi anda. Dan terima kasih tidak lupa karena telah berkunjung, jangan lupa simak artikel lainnya yang telah kami siapkan.