Konveksia.com – Tinta plastisol tentunya salahsatu jenis tinta yang sudah tidak asing di dunia persablonan, atau bahkan di antara teman-teman pernah mendengar mengenai sablon plastisol. Atau bahkan teman teman pernah memakai pakaian yang menggunakan tinta plastisol. Sudah barang tentu tinta jenis plastisol memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri di antara tinta sablon yang lainnya. Sebelum kita membahas mengenai tinta sablon plastisol, mari kita kategorikan menjadi dua kategori, diantaranya tinta sablon yang berbasi air dan berbasis tinta.

Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos

Tinta Plastisol tinta plastisol Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos Tinta Plastisol 600x400

Melihat dari dua kategori tersebut, jika yang berbasis air ialah tinta sablon rubber sedangkan tinta sablon yang berbasis minyak ialah Tinta Sablon Plastisol. Disini kita akan membahas mengenai sablon yang berbasis minyak yakni tinta sablon plastisol.

Bahan tinta plastisol

Bahan Tinta Plastisol tinta plastisol Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos Bahan Tinta Plastisol 600x400

tinta sablon plastisol merupakan jenis tinta sablon yang berbahan dasar minyak atau dengan katalain disebut solvenbase, tinta sablon terbuat dari bahan dasar minyak lebih tepatnya ialah resin poly vinyl chloride atau PVC serta plasticizer.

Tinta plastisol merupakan salah satu jenis tinta yang memiliki keunikan tersendiri, yakni tinta sablon plastisol memiliki sifat yang bandel (tidak mudah kering di screen) dan sangat cocok dipakai untuk desain gambar yang memiliki detail berupa dot-dot kecil serta raster yang kecil.

Cara pemakaian

Cara Penggunaan Tinta Plastisol tinta plastisol Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos Cara Penggunaan Tinta Plastisol 600x400

Untuk menggunakan tinta sablon plastisol cukup mudah, dikarenakan tinta sablon plastisol tidak langsung menempel pada objek sablon dan tidak cepat mongering walaupun sudah diangin-anginkan berhari-hari, dan hal ini menjadi salah satu keunikan yang dimiliki oleh tinta sablon plastisol, karena ketika terjadi kesalahan dalam menyablon hal tersebut dapat segera diperbaiki dengan mudah.

Selain itu dikarenakan tinta sablon plastisol terbuat dari partikel-partikel PVC yang tersuspensi dengan emulsi plastic, maka tinta sablon plastisol sendiri tidak bisa larut dalam air.

Untuk mengeringkan tinta sablon plastisol secara maksimal, maka dibutuhkan beberapa peralatan pengering khusus seperti flash curing, conveyor curing, hot gun atau sinar infra merah. Jika alat-alat tersebut tidak ada, maka bisa menggunakan alat sejenis, yang terpenting cukup untuk mengeringkan tinta sablon plastisol.

Agar dalam proses sablon yang dihasilkan maksimal, salah satu yang harus di perhatikan ialah proses pemilihan bahan. Bahan yang akan digunakan dalam proses sablon tinta plastisol ini harus mampu menahan suhu yang relative tinggi hingga mencapai 160 derajat celcius. Jika bahan yang digunakan tidak tahan panas, maka bahan tersebut akan meleleh.

Tinta sablon plastisol tidak hanya digunakan pada bahan kaos saja, tinta sablon plastisol juga sangat cocok untuk bahan jenis fleece, dikarenakan bahan fleece memiliki serat yang lumayan renggang dan bahannya yang cukup tebal. Maka tinta sablon plastisol sangat cocok digunakan untuk membuat sablon pada jaket dan hoodie berbahan fleece.

Keunggulan dan kekurang tinta plastisol

Keunggulan:

  • Tinta plastisol merupakan salah satu jenis tinta yang tidak mudah kering, sehingga dapat didiamkan pada screen dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Ketika dikeluarkan dari wadah penyimpanan, tinta plastisol bisa langsung digunakan tanpa harus di tambah bahan lainnya.
  • Dalam sebagian aplikasi, penyablonan menggunakan tinta plastisol dapat digunakan pada kondisi wet-on-wet, sehingga lebih mempersingkat waktu produksi.
  • Tinta plastisol merupakan sablon oil based, dimana sangat awet meski sudah dicuci hingga berkali-kali.
  • Variasi warna yang ditawarkan oleh tinta plastisol ini bermacam, mulai dari yang transparan hingga yang gelap.
  • Sablon yang dibuat menggunakan tinta plastisol akan memiliki tekstur dan juga memiliki warna yang cerah mengkilap.
  • Di sejumlah negara maju, menggunakan tinta plastisol sudah menjadi standar sablon untuk industri clothing.

Kekurangan:

  • Sablon plastisol tidak bisa di setrika secara langsung, karena bersifat thermoplastic.
  • Jika bersentuhan langsung dengan benda yang cukup panas, biasanya sablon plastisol akan meleleh dengan sangat cepat.
  • Tinta plastisol yang biasa digunakan untuk sablon kaos biasanya biaya produksinya lebih mahal dibandingkan dengan sablon yang berbasis air.

Konveksi dengan kualitas tinta plastisol terbaik

Konveksi Sablon Plastisol Berkualitas tinta plastisol Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos Konveksi Sablon Plastisol Berkualitas 600x400

Anda sedang kebingungan mencari konveksi yang menawarkan berbagai kebutuhan produksi kaos dengan sablon menggunakan Tinta Plastisol? Pilihan yang tepat sudah datang di Konveksia.com. Kami salah satu konveksi terbaik di Bandung yang menawarkan jasa pembuatan kaos dalam jumlah yang banyak atau sedikit.

Baca juga: Bahan Cotton Combed Yang Sering Digunakan Oleh Konveksi

Mengetahui Pengertian Dan Kualitas Tinta Plastisol Untuk Kebutuhan Produksi Kaos

Ingin produksi kaos kualitas distro? Anda bisa langsung mengunjungi Konveksia.com sekarang juga. Terima kasih Anda sudah datang dan membaca artikel yang ada diatas.